Halo Daerah

Wagub Sulsel Tinjau Kebakaran Sampah di TPA Tamangapa Antang

HALOSULSEL.COM, MAKASSAR — Wakil Gubernur Sulawesi-Selatan (Sulsel) Andi Sudirman Sulaiman, meninjau langsung kebakaran sampah di TPA Tamangapa Antang, Kota Makassar, Senin (16/09/2019).

Kedatangan Wagub Sulsel, untuk melihat kondisi dilapangan dan berbicara langsung bersama pemangkuh kebijakan dan masyarakat.

“Dengan mengunjungi langsung TPA, saya bisa melihat kondisi dilapangan atas masalah yang ada. Memantau safety untuk warga sekitar yang terkena dampak asap,” ujar Andi Sudirman Sulaiman saat di wawancarai di TPA Tamangapa Antang.

Untuk masalah keamanan warga, Wagub mengungkapkan pemerintah telah membagikan masker dan juga menyiapkan tim medis. Selain itu pemadam juga standby untuk pendinginan titik api.

“TPA ini butuh solusi yang permanen. Kita dorong pemerintah kota untuk bersinergi bersama pemprov agar terdapat solusi permanen teknologi penanganan sampah yang ramah terhadap lingkungan,” ungkap Andi Sudirman Sulaiman.

Akibat kebakaran ini, terdapat 5 SD, 3 TK, 1 SMA, 1 SMP,  dan 1 panti asuhan yang merasakan dampak dari asap, tim gerak cepat sudah dibuat untuk menangani dampak akibat asap.

Wagub pun menyarankan kepada Pustu dan pengelola TPA agar pertegas larangan merokok di area TPA.

“Apa yang terjadi saat ini, menjadi pengalaman. Rokok bisa jadi penyebab kebakaran, sehingga upayakan saat bekerja jangan merokok,” imbaunya.

Pada kunjungan itu, Wagub juga mendengar aspirasi masyarakat manggala, yang berharap agar penampungan bisa dikelola dengan baik,  dilakukan normalisasi kanal karena di Manggala pada saat musim hujan, kerap dilanda banjir.

“Butuh sinergitas antar semua elemen untuk solusi yang diharapkan oleh masyarakat. Semuanya harus bekerja dari lapisan bawah sampai lapisan atas,” tutupnya.

Hadir dalam kunjungan Wagub,  Sekda Kota Makassar Muh Ansar dan LPM Kecamatan Manggala.

Seperti diberitakan sebelumnya, TPA Tamangapa Antang yang merupakan pusat pembuangan sampah di Wilayah Kota Makassar dengan luas 16,8 Hektar terbakar, Minggu (15/9/2019)

Kebakaran terjadi sekitar pukul 11.30 Wita, kemudian meluas pada pukul 13.30 Wita yang mengakibatkan kabut asap tebal sampai di wilayah pemukiman warga. (Ris)

Editor : Zahar

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top
error: Konten dilindungi !
Secured By miniOrange