Halo Pendidikan

Wajo Mulai PTM Hari Senin, Jangan Lupa Pakai Masker ke Sekolah

Ketgam: Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Wajo, Faisal.

HALOSULSEL.COM, WAJO — Kabar gembira bagi dunia pendidikan di Sulawesi Selatan (Sulsel). Setelah berkali-kali tertunda pembelajaran tatap muka (PTM) akhirnya mendapat “lampu hijau” dari pemerintah. Termasuk di Kabupaten Wajo.

Hal tersebut sebagai tindak lanjut dari Surat Edaran Gubernur Sulawesi Selatan Nomor :
420/8349/Disdik tentang Pembelajaran Tatap Muka Di masa Pandemi Covid 19 di Sulawesi Selatan.

“Insyaallah pembelajaran tatap muka di Kabupaten Wajo akan mulai tanggal 6 September 2021 atau Senin mendatang,” kata Faisal, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Wajo, Sabtu (4/9/2021).

Adapun mekanisme PTM kata dia, nantinya akan dilakukan secara terbatas dengan protokol kesehatan yang sangat ketat.

“Dalam satu hari hanya dilakukan pembelajaran selama 3 X 45 menit atau 3 X jam pelajaran. Peserta didik juga dibatasi, setiap peserta didik hanya diperbolehkan hadir 3 X dalam seminggu,” jelas Faisal.

Sementara khusus bagi sekolah atau satuan pendidikan yang terdampak banjir atau wilayahnya masih dinyatakan zona merah disarankan menyusuaikan dengan kondisi setempat.

“Untuk proses awal, PTM ini lebih banyak dilakukan simulasi bagaimana budaya belajar di masa pandemi. Mulai dari kedatangan peserta didik hingga proses belajar mengajar berakhir,” tambahnya.

Faisal mengingatkan, tiap satuan pendidikan dalam menyelenggarakan proses PTM untuk tetap menerapkan protokol kesehatan, baik bagi peserta didik, guru, maupun orang tua yang mengantar dan menjemput anaknya.

“Wajib pakai masker ke sekolah. Demikian juga infrastuktur yang telah dipersyaratkan PTM dalam daftar ceklis yg telah di verivikasi oleh Tim Satgas Covid 19 tetap ada,” tegasnya.

Diberitakan sebelumnya, 843 satuan pendidikan di Wajo telah melewati proses verifikasi dan validasi terkait kesiapan menggelar PTM yang dilakukan oleh Tim Satgas Covid-19 Disdikbud Wajo, beberapa waktu lalu. Proses verifikasi dan validasi mulai dari Kelompok Belajar, TK/PAUD, SD, dan SMP.

Terpisah, salah satu pihak sekolah yang dihubungi, mengaku telah lama mempersiapkan untuk PTM. Namun karena adanya lonjakan kasus Covid-19 baru-baru ini, sehingga PTM kembali ditunda.

“Pada intinya, kita sudah siap menggelar PTM, termasuk infrastruktur. Hanya saja karena sekolah dilanda banjir kemarin. Yah, kita lihat kondisi sekolah pada hari senin,” kata Eka Yuliasti salah satu guru wali kelas SDN 288 Bentenglompo, Kecamatan Sabbangparu, Kabupaten Wajo. (Zah)

Editor: Rais

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Quis autem vel eum iure reprehenderit qui in ea voluptate velit esse quam nihil molestiae consequatur, vel illum qui dolorem?

Temporibus autem quibusdam et aut officiis debitis aut rerum necessitatibus saepe eveniet.

Copyright © 2018 HALOSULSEL.COM.

To Top
error: Konten dilindungi !